j. Membuat sebuah karya fotografi

Standar Kompetensi : 1. Menggunakan peerangkat lunak
pembuat  grafik.
Kompetensi Dasar : 1.3. Membuat grafis dengan berbagai variasi warna,
bentuk, dan ukuran
Indikator Pencapaian:   Membuat sebuah karya fotografi

Membuat sebuah karya fotografi

Oleh I Gede Suartana

Pada pembelajaran kali ini akan di berikan beberapa contoh pembuatan sebuah karya fotografi dengan  menggunakan Adobe Photoshop.

1. Membuat Photo Poster

Sebelum kita mulai membuatnya, anda harus menguasi dasar-dasar menggunakan Program Grafis Adobe Photoshop atau sudah menguasai Tools yang ada dalam Photoshop, seperti teknik Seleksi, penggunaan Layer, teknik pewarnaan, dan lain sebagainya, yang semua itu telah dibahas sebelumnya dalam pembelajaran ini.

Untuk lebih cepatnya, kita mulai saja membuat sebuah karya fotografi seperti membuat photo poster. Adapun langkah-langkahnya :

1. Siapkan beberapa gambar yang nanti kita akan gunakan, bisa dengan menggunakan foto anda. Nah disini saya menggunakan foto teman saya, mumpung gayanya keren sih dikit…..

Buka Program Adobe Photoshop, kemudian Open gambar yang akan kita edit melalui jendela File – Open. Selanjutnya gambar tersebut anda seleksi dengan menggunakan Tools Seleksi pada Tool Box. Hasilnya seperti gambar di bawah :

Maaf ya ini gambar pas kita sedang kerja bakti, tapi nanti akan jadi keren loh..

2. Langkah selanjutnya adalah kita akan memindahkan gambar yang telah terseleksi tersebut ke dalam sebuah gambar lain yang akan menjadi backgrounnya.

Backgrounnya adalah gambar Hutan yang keren

3. Langkah selanjutnya adalah kita Copy gambar yang telah terseleksi dan Faste di gambar Hutan atau dengan memindahkannya menggunakan Move Tool pada Tool Box . setelah itu kita crop gambar agar ukurannya proporsional dengan mnggunakan Crop Tool pada Tool Box. Hasinya seperti gambar di bawah :

Gambar setelah di Crop

4. Selanjutnya kita melangkah pada Layer. Layer 1 kita gandakan dengan cara menekan CTRL+J kemudian pada Layer 1 Copy ,diubah Blanding Mode menjadi Overlay. Tujuannya adalah agar gambar orang itu menyatu dengan backgroundnya. Hasilnya seperti gambar di bawah :

5. Langkah selanjutnya adalah kita akan menseleksi sebagian gambar dari background, untuk memudahkan bekerja ,kita hilangkan sementara gambar orang dengan mengklik ikon mata pada layer 1 dan layer 1 copy dan yang aktif adalah layer background. Setelah  bagian gambar terseleksi, atur Feather Radiusnya menjadi 20 pixels (Menu Edit – Feather),agar membuat pinggir seleksi meenjadi samar-samar. Lihat Contoh pada gambar di bawah :

6. setelah gambar terseleksi, kita gandakan daerah yang terseleksi dengan menekan CTRL+J dan pindahkan layer hasil seleksi tersebut pada urutan layer paling atas.

Baca selengkapnya>>

Download materi di sini

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: