d. Membuat Dokument baru dan Menyimpan Dokument

Standar Kompetensi : 1. Menggunakan peerangkat lunak pembuat grafik.
Kompetensi Dasar : 1.1. Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
Indikator Pencapaian:   Mendemonstrasikan pembuatan dokumen baru

Membuat Dokument baru dan Menyimpan Dokument

Isi Name dengan nama file yang akan dibuat. Kemudian pada Preset terdapat beberapa pilihan ukuran yang jika anda pilih salah satu maka Width dan Height akan terisi secara otomatis sesuai dengan ukuran yang anda pilih, namun apabila anda ingin membuat ukuran sendiri maka pilih “custom” pada preset.

Untuk Resolusi, jika gambar yang akan anda buat adalah image untuk web, maka anda cukup menggunakan resolusi 72 pixels/inch. Jika anda akan membuat sebuah proyek art yang detil, maka setidaknya anda menggunakan 300 pixels/inch atau yang lebih besar, sebab lebih besar hasilnya akan lebih baik

Color Mode merupakan mode warna yang nantinya akan disetting menjadi mode warna yang ada pada pilihan warna saat anda membuat atau mengedit gambar. Color Mode terdiri dari lima pilihan warna

a. RGB Color — memiliki komponen warna Red, Green, Blue yang masing –masing memiliki nilai antara 0 dan 255. Misal, nilai Red, Green, Blue (0,0,0) menghasilkan warna hitam, dan nilai (255, 255, 255) menghasilkan warna putih. Kebanyakan, para artistic yang bekerja dengan photoshop memilih mode RGB.

b. CMYK color — memiliki daftar persentase dari setiap warna dengan nilai antara 0 sampai 100. Mode warna CMYK merupakan mode warna yang sesuai dengan warna pada printer. Beberapa desainer grafis memilih untuk mengkonvert pekerjaannya setelah menggunakan RGB menjadi CMYK untuk melihat hasil sebelum mencetak gambar mereka.

c. Grayscale — memiliki mode warna pada area hitam dan putih. this is exactly what it sounds like. Biasanya jika anda ingin mengkonvert ke grayscale anda harus meratakannya “flatten”

d. Bitmap — Hanya mengizinkan image dibentuk dalam bentuk titik-titik (piksel) hitam dan putih. Mode ini tidak direkomendasikan untuk digunakan sebabmemiliki kualitas yang tidak baik.

e. Lab color — merepresentasikan warna dengan 3 komponen :

1. Lightness kecerahan (nilai antara 0 sampai 100),

2. Nilai warna dari merah sampai hijau (dapat diisi dengan nilai -127 s.d. 127), dan

3. Nilai warna dari biru samapi kuning (dapat diisi dengan nilai -127 s.d. 127).

Apabila anda merasa salah memilih Color Mode, atau anda berniat untuk mengubah mode warna, anda dapat mengubahnya (convert) menjadi mode warna yang lain dengan memilih menu Image -> Mode -> pilihan color mode.

Pada Background Content mengatur dasar kanvas yang akan anda gunakan. Terdapat tiga pilihan pada Background Content, yakni:

a. White yang artinya dasar kanvas anda putih,

b. Background color memungkinkan anda memberi dasar warna sesuai dengan pilihan yang dapat anda tentukan,

c. Transparent membuat dasar kanvas anda transparan.

C. MENYIMPAN FILE

1. File -> Save As

Secara otomatis file photoshop tersimpan dalam “Photoshop Format” (.psd atau .pdd). Menyimpan file dalam format Photoshop merupakan ide yang baik jika anda ingin kembali meng-edit-nya. Namun, bagaimanapun juga, jika anda ingin mengirimnya sebagai e-mail atau menaruhnya di suatu website, anda harus merubah format menjadi yang lebih universal seperti JPEG atau PNG atau GIF.

Download materi di sini

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: